oleh

Pengurus BUMdes Desa Lakatong diduga Selewengkan Dana Ratusan Juta

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lakatong, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar terbukti diselewengkan oleh pengurus Bumdes Desa Lakatong.

Penyelewengan ini mencuat setelah Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) wilayah Sulsel melakukan audit Dana Desa dan Bumdes Desa Lakatong.

Dimana suntikan dana Anggaran untuk Bumdes Desa Lakatong tahun 2018 senilai 122, dan 2019 ditambah 50 juta selama dua tahun senilai 172 juta terbukti telah disalah gunakan oleh pengurus bumdes. Lantaran dalam pengelolaan dana tersebut tidak sesuai dengan prosedur pengelolaan yang ditetapkan.

Pelaksana Tugas Kepala Desa Lakatong Maddolangan S. Pd, mengakui bahwa pengelolaan dana Bumdes telah diselewengkan pengurus Bumdes, hal itu ia ketahui setelah Audit BPKP selesai.

“Iye Pak, dana Desa dan dan Bumdes Desa kami sudah diperiksa BPKP, untuk dana desa alhamdulillah tidak ada masalah, hanya dana Bumdes yang bermasalah “BPKP minta pengurus Bumdes mengembalikan temuan senilai RP 150 juta lebih,” Ungkap Maddolangan saat dihubungi Via Handphone. Selasa (21/01).

Lanjut kata Maddolangan, ia selaku Plt Desa bersama pengurus Bumdes Desa Lakatong mengakui telah dipanggil dan dimintai keterangan oleh BPKP.

“Iye Pak, saya dan pengurus Bumdes sudah bertemu BPKP di kantor PMD Takalar beberapa hari lalu.

Sementara salah satu warga Desa Lakatong yang tak ingin disebutkan juga menyayangkan atas raibnya uang negara yang dikelola Bumdes Desa Lakatong hingga menjadi temuan pemeriksa.

“Yang menjadi pertanyaan, uang sebesar Rp. 150 jutah lebih di bawah kemana, sementara kebutuhan masyarakat yang belum sempat menggunakan haknya untuk diberdayakan melalui dana Bumdes,” Terangnya.

Sumber terpercaya menjelaskan, yang harus bertanggung jawaban dalam masalah ini adalah pihak pengelola atau pengurus BUMDes Desa Lakatong.

“Kami berharap pihak yang berwajib dapat melihat persoalan ini, karena sangat disayangkan anggaran tersebut entah berada di mana. Dan masyarakat desa Lakatong sangat membutuhkan dana tersebut,” pungkasnya.

News Feed