oleh

Presiden Jokowi : Banjir Lebak Akibat Marak Tambang Emas Ilegal

LEBAK, SEKILASINDO.COM – Musibah banjir bandang dan longsor yang menimpa beberapa kecamatan di Lebak, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang melakukan kunjungan ke Kabupaten Lebak. Kunjungan tersebut untuk melihat kondisi terkini lokasi dan korban banjir bandang, Selasa (07/01/2020).

Dalam kunjungannya, untuk melihat kondisi terkini, Presiden RI Jokowi langsung mengunjungi Pondok Pesantren Latansa, di Lebak Gedong.

Setelah itu, Presiden Jokowi juga mengunjungi posko pengungsian banjir bandang dan berbincang dengan pengungsi di Desa Banjar Irigasi, Kecamatan Lebak Gedong.

Kepada sejumlah awak media, Jokowi mengatakan, banjir bandang di Kabupaten Lebak ini disebabkan adanya perambahan hutan karena maraknya aktivitas praktik penambang emas ilegal.

“Di Lebak Provinsi Banten, kita lihat ini karena perambahan hutan karena menambang emas secara ilegal, tadi saya sudah sampaikan ke gubernur dan bupati ini harus dihentikan,” ujar presiden kepada wartawan, Selasa (07/01).

Menurutnya, perambahan hutan tidak bisa lagi dibiarkan, mengingat kondisi yang berdampak luar biasa yang ditimbulkan menyebabkan ribuan warga menderita.

“Ini enggak bisa lagi karena keuntungan satu dua tiga orang, kemudian ribuan lainnya dirugikan karena adanya banjir bandang ini,” tandas Jokowi.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri yang juga Mantan Kapolda Banten Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo juga akan mendalami aktivitas penambang emas ilegal yang diduga menjadi penyebab banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak belum lama ini.

Reporter: Usep/Red

News Feed