oleh

Indonesia Malaysia Sepakat Berdayakan KIM dalam Memerangi Berita Hoax

MAKASSAR, SEKILASINDO.COM – Indonesia dan Malaysia menjalin kerjasama dalam menangkal hoax atau berita bohong.Oleh karena itu, Indonesia Malaysia sepakat memberdayakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam memerangi berita hoax.

Menindaklanjuti kerjasama tersebut delegasi Indonesia dipimpin langsung Dirjen IKP Kementerian Kominfo RI, Prof Widodo menuju ke Provinsi Pahang Kampung Budu, Benta, Lipis. Jarak dari kota Putrajaya sekitar 175 km ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kondisi jalanan yang mulus.

Kadis Kominfo Sulawesi Selatan, Hasdullah mengungkapkan bahwa rombongan delegasi Indonesia yang dipimpin Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Prof Widodo tiba di Pahang Jiran didampingi Director International Relation Division Departemen of Information Malaysia, Puan Norkhanizan Manaf.

“Kunjungan delegasi Indonesia ini adalah tindak lanjut kerjasama dalam rangka berbagi pengalaman dalam penguatan kelompok informasi masyarakat (KIM). Terutama dalam menangkal berita hoax dan menjadi media informasi yang mengedukasi dan mendorong ekonomi publik,” katanya.

Menurutnya, kedatangan rombongan di Pahang disambut hangat dengan tarian-tarian dan lagu-lagu daerah setempat dengan jamuan makan siang rasa khas Malaysia.

Dirjen IKP, Prof Widodo berharap antara kedua negara dan masyarakatnya saling bersinergi baik dalam pemberdayaan kelompok informasi masyarakat dalam mengelola informasi termasuk menangkal berita hoax.

“Maupun dalam pengembangan ekonomi rakyat, bahkan bagaimama hubungan yang saling menguntungkan itu kedua negara dapat mengambil bagian penting dalam memajukan pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bidang,” tambahnya.

Hasdullah juga menambahkan bahwa kelompok masyarakat di Malaysia cukup berkembang, baik dalam hal diseminasi edukasi informasi maupun kelompok usaha ekonomi kecil yang menjadi salah satu pendekatan developer ekonomi rakyat di Malaysia.

“Kita saling berbagi pengalaman untuk kemajuan bersama,” tutup Hasdullah.

Reporter : Shanty

News Feed