oleh

Geger, Tanah Warga Tolimbo Mubar Diserobot OTK Menggunakan Bulldozer

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM —Masyarakat di dusun Tolimbo, Desa Tangkumaho, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) digegerkan dengan penyerobotan lahan mereka oleh sekelompok orang tak dikenal dengan menggunakan sebuah alat berat jenis bulldozer.

Sontak pemilik lahan dan sekelompok warga dusun tolimbo geram dan langsung menghentikan aksi brutal tersebut tersebut kemudian menyita alat berat yang digunakan untuk menggusur lahan mereka. Dan operator alat berat tersebut langsung kabur.

Kemarahan warga diungkapkan oleh Ketua Forum Masyarakat Napano Kusambi Bersatu La Ode Ilham Efendi. Menurutnya, Tindakan tersebut memancing kemarahan warga. Sebab kata Ilham, aksi tersebut dilakukan sejak tanggal 28 Oktober lalu.

“Kami geram atas tindakan penyerobotan ini, sebab Kami tidak tahu menahu tiba-tiba ada alat melakukan penggusuran dan menumbangkan semua tanaman warga. Entah itu pihak perusahaan atau orang pribadi yang melakukan kegiatan penggusuran itu, tuturnya, Rabu (30/10/2019)

Ilham Efendi juga mangatakan, bahwa dirinya bersama masyarakat akan melaporkan aksi tersebut di polres Muna untuk secepatnya di ungkap pelaku penggusuran lahan tersebut.

“Kami sudah melaporkan kejadian ini pada Polsek Kusambi untuk mengungkap siapa dalang dari aksi penyerobotan ini. Jika tuntutan kami tidak direspon secepatnya, maka kami akan melakukan langkah selanjutnya, yakni memasukkan laporan di Polres Muna agar semuanya terungkap, karena sampai detik ini kami belum tahu siapa dalang dari semua ini. Pemerintah juga mengaku tidak mendapat surat permohonan izin penggusuran lahan dari pihak manapun”, terangnya.

Diketahui, lahan yang diserobot oleh sekelompok orang tak dikenal tersebut sudah bertahun-lahun diolah warga sekitar. Jambu mete dan Kayu jati adalah sebagian tanaman yang ada di lahan tersebut.

(Setiawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed