oleh

Realisasi P22, Bupati Takalar serahkan Bantuan Untuk Warga Desa Mangindara

-Daerah, EkBis-316 views

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Realisasi P22 Pemerintah kabupaten Takalar kembali dilaksanakan, kali ini penyerahan bantuan berlangsung di Dusun Bontoa Utara, Desa Mangindara, Kecamatan Galesong Selatan, Jumat (25/10/2019) sore.

Bantuan ini bersumber dari penyaluran Dana Desa tahap II sekaligus sinkronisasi P22 oleh Pemerintah Desa Mangindara berupa bantuan sosial dan bantuan alat tangkap perikanan.

Camat Galesong Selatan Hamzah, M.Ap menjelaskan bahwa seluruh desa di Kecamatan Galesong Selatan saat ini telah memprogramkan bantuan sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat sekaligus sinkronisasi P22 termasuk memprogramkan bantuan 10 hewan ternak (sapi) disetiap desa.

“Segala bentuk bantuan yang kita serahkan hari ini, diberikan secara transparan terbuka, disaksikan oleh masyarakat dan pemerintah serta pendamping desa. Tidak diberikan dengan ditutup-tutupi sehingga masyarakat tidak mengetahui bahwa ada bantuan yang diserahkan oleh pemerintah,” Jelas Camat Galesong Utara.

Lebih lanjut, Ia berharap seluruh masyarakat mendukung segala bentuk program pemerintah kabupaten Takalar, oleh karena program tersebut semata untuk kebaikan masyarakat.

Bantuan tersebut, diberikan kepada masing-masing perwakilan setiap dusun, disertai dengan penyerahan data warga putus sekolah dari delapan desa di Kecamatan Galesong Selatan.

“Hari ini kita sudah sama-sama saksikan penerima bantuan, yang merupakan penyelarasan dari program P22 pemerintah kabupaten Takalar. Alhamdulillah, ini sudah berjalan merata diseluruh desa, termasuk di Kecamatan Pulau Tanakeke yang kemarin kita memberikan bantuannya. Bantuan desa ini, saya berharap kita jaga sama-sama agar membawa keberkahan. Nanti menyusul satu sapi, satu KK,” papar Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM.

Lebih lanjut, Bupati Takalar menjelaskan bahwa untuk pembagian satu ekor sapi satu kepala keluarga petani miskin telah dianggarkan sebesar Rp 15 miliar untuk pembelian 1400 ekor sapi tahun ini, dan ditambah dengan masing-masing bantuan sapi dari setiap desa di Takalar.

“Untuk selanjutnya, kita akan membuka kelompok usaha disektor pertanian dengan usaha pengolahan limbah kotoran sapi secara komunal. Jadi sambil berjalan bantuan sapinya, kita kemudian membuka usaha kelompok pertanian tersebut. Kedepan kita akan membuat masyarakat lebih berdaya dengan cara masyarakat memproduksi barang-barang yang masyarakat beli dari luar,” jelas H. Syamsari.

Pemberian bantuan ini disaksikan oleh masyarakat Desa Mangindara, pendamping desa, serta kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Galesong Selatan.(*).

News Feed