oleh

Miris, Pasangan Suami Istri Lanjut Usia di Lebak Tinggal di Gubug dan Sudah Tak Bisa Mencari Nafkah

LEBAK, SEKILASINDO.COM- Abah Kuco (90) dan Ema Sanah (80), pasangan suami istri lanjut usia warga Kampung Kadu Gede Timur, Desa Mekarsari, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak yang kini mulai viral di Media Sosial, pasalnya, dikabarkan tinggal di gubug dengan keterbatasan Fisik karena usia jadi tidak mampu mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari.

Mendengar akan hal itu, Madsoleh (25), asal Desa Mekarsari yang juga merupakan Anggota JPKPemerintah DPD Lebak, langsung menyelesaikan pertemuan yang bertemu dengan suami-istri lansia untuk memastikannya.
Sabtu, (28/09/2019).

“Saya prihatin dengan Abah dan Ema, mereka tinggal di gubuk hanya berdua, sementara mereka pun sudah tidak mampu mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Madsoleh.

Dirinya mengundang semua orang untuk membantu pasangan lanjut usia tersebut.

“Mari Kita Ulurkan Tangan Kita Membantu Orang Bekerja di Sekitar kita, Mari kita Buka Ruang Kesadaran Rasa Empaty terhadap Nilai nilai Sosial Terhadap Sesama,” tambah Madsoleh.

Menurutnya, ini merupakan tugas bersama, untuk itu ia akan meminta untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, agar keberlangsungan hidup pasangan lansia bisa diterima.

“Dan dalam hal ini, pemerintah tidak boleh tinggal diam, pemerintah harus segera mengambil langkah demi keberlangsungan mereka (Abah Kuco dan Ema Sanah) yang berkelanjutan, buka bantuan yang hanya sementara,” tegasnya.

Sementara itu, Abah Kuco, sang kakek menuturkan, kesehariannya hanya tinggal di gubuk dan terkadang keluar hanya untuk mencari sabut kelapa untuk di jadikannya suluh. Kapan berjalan dengan mengesot.

“Ieu lengen ku kala, basa mulungan sabut (ini tangan di gigit kala, waktu ngambil sabut),” Kata Abah Koco.

Ditangguhkan untuk makan sehari-hari, dengan pendengaran terbatas dan suara yang mulai kurang jelas, diterima menjawab:

“Aya Bae (ada aja), Aya Bae nu karunyaeun (ada aja yang kasian),” ujar Abah Kuco sambil menunjuk ke salah satu rumah tetangganya.

Dari informasi yang dapat, pasangan lansia ini hanya hidup berdua di dalam gubuk yang sudah tidak layak. Dan terlihat wajah sang kakek dan nenek yang senang atas kunjungan orang yang peduli terhadap mereka.

** (Usep)

News Feed