oleh

Bupati Muna Barat Dukung dan Canangkan Germas Hidup Sehat

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM – Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar) La Ode M Rajiun Tumada mendukung penuh dan mencanangkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup sehat kepada Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat Kabupaten Muna Barat.

“Germas adalah suaru kebijakam pemerintah yang dikemas dalam bentuk kegiatan terpadu dan terkonsep. Germas harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup. ujar Kabid Kesmas Dinkes Muna Barat Nani Suarny, Jumat (16/08/2019).

Nani menyebut, Germas dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkingan dan mengunakan jamban.

Lanjut kata Nani, Bupati Muna Barat, La Ode M Rajiun Tumada telah mendukung penuh serta mencanangkan Germas Hidup Sehat kepada seluruh OPD dan masyarakat dengan mengelar olahraga bersepeda setiap hari minggu.

Selain itu juga, Bupati Muna Barat bersama Dinkes Muna Barat telah memasang papan yang bertuliskan bebas kawasan merokok ataupun No Smocking di seluruh Dinas dan Sekolah di Muna Barat.

“Semua itu adalah bentuk kepedulian dan dukungan Bupati Muna Barat dalam memujudkan kesehatan masyarakat melalui Germas Hidup Sehat. jelasnya.

Perlu diketahui, kata Nani, disetiap kegiatan olahraga bersepeda dan trail, Bupati Muna Barat, La Ode M Rajiun Tumada selalu menyampaikan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hidup sehat dengan olahraga, tidak merokok, serta Beliau menyarakan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Kabid Kesmas Dinkes Mubar, Nani Suarny. Foto : Acriel

“Wajar saja, jika Bupati Muna Barat tetap bugar dan Sehat, karena beliau paham dan tahu Pola Hidup Sehat,” tuturnya.

Selain itu juga, Nani menyampaikan salah satu indikator Germas adalah membersihkan lingkungan dan penggunaan jamban sehat saat BAB. Kedua indikator tersebut secara tidak langsung mengajarkan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Alhamdulillah masyarakat Muna Barat sudah sadar akan kebersihan lingkungan khususnya penggunaan jamban yang sehat. pungkasnya.

Penulis : Acriel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed