oleh

Pembangunan Ipal Komunal di Desa Rangkasbitungtimur Cegah Warga ODF

LEBAK, SEKILASINDO. COM-Warga Kampung Cibungur Lebak kini sedikit lega dengan adanya Pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) Komunal.

Bangunan tersebut berada di Kampung Cibungur Lebak Rt 03/Rw 03 Desa Rangkasbitungtimur Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

Di Ketahui Pengerjaan pembangunaan IPAL Komunal dengan panjang 12,5 M, dan Lebar 2,5M dan di kerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM BUNGUR RAHAYU) yang di Ketuai oleh Adi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Rangkasbitungtimur, Ayub Suhadi mengatakan kegiatan Sanimas berbasis masyarakat ini,  sumber anggaran tahun 2019 Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Lebak dengan anggaran Rp 519.570.000,-dengan sistim pencairan bertahap dan pengerjaannya sudah tahap 50%, kata Ayub, Rabu (15/8/2019)

Lebih lanjut Ayub menjelaskan”dengan adanya pembangunan IPAL Komunal ini tujuannya salah satunya untuk mencegah warga membuang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), menciptakan lingkungan Bersih dan Sehat, jelasnya

Adapun Pemanfaat IPAL Komunal ada 70 rumah, karena sebagian besar warga kampung cibungur Lebak belum mempunyai septictank atau septictank nya sudah penuh, sudah kita data dan disosialisasikan sebelumnya.

“Saya sekaligus mewakili dari warga sangat Berterimakasih Kepada Pemerintah pusat, PemKab Lebak, DPU Lebak juga elemen yang sudah mendukung pembangun ini, ucapnya

Setelah selesai pembangunan saya berharap warga agar bisa merawatnya menjaganya, juga diatas bangunannya bisa di maanfaatkan Seperti Membuat Posyandu, poskamling dan lainnya tergantung dari permintaan warga sekitar, tutup Ayub. (Dra)

News Feed