oleh

Irban III Pandeglang: Kegiatan Tak Tercantum Dalam RKAS “Itu Melanggar Perbub No 15 Tahun 2017”

Inspektur Pembantu Wilayah III, Inspektorat Pandeglang, Drs. Epi Sutiasa M.Si 

PANDEGLANG,SEKILASINDO.COM- Kini sedang ramai berbagai kegiatan di lakukan menjelang hari raya HUT RI Ke- 74 Terutama kegiatan di lingkungan dinas pendidikan kabupaten Pandeglang.

Kegiatan berbagai acara di gelar yakni kegiatan persiapan PHBN dan Pramuka. Hanya saja kali ini kegiatan yang membuat beberapa kepala sekolah yang di ada  Pandeglang Provinsi Banten resah dan di paksakan yakni kegiatan Bintang Sains.

Di beritakan sebelumnya, bahwa di beberapa sumber menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan yang tidak tercantum dalam Rencana Kegiatan dan  Angaran Sekolah (RKAS) sehingga menurut sumber dana tersebut terlalu di paksakan dan memberatkan lantaran tidak bisa di SPJ kan.

Tulis Kepala Sekolah dalam pesan WhatsApp, Ita mengatakan, Sekolah itu  menyusun RKAS sesuai dengan kebutuhan dan mengacu pada juknis Bos, tapi diperjlanan ada program yang harus dikerjakan oleh sekolah yang otomatis dana BOS yang dipakai,  salah satu contoh lomba bintang sains  yang wajib diikuti oleh sekolah,  yang bikin pusing para kepsek karena tidak ada di RKAS nya.

Secara terpisah, Inspektur Pembantu Wilayah III, Inspektorat Pandeglang, Drs. Epi Sutiasa M.Si bahwa pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah sudah termaktub dalam Peraturan Bupati Pandeglang Nomor 15 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pasal 1 ayat 15 Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah yang selanjutnya disingkat RKAS.

RKAS adalah Dokumen Perencanaan dan Penganggaran yang berisi rencana pendapatan dan rencana belanja program dan kegiatan sebagai ‘dasar pelaksanaan dana BOS’ Serta di Pasal 23 ayat (1) di jelaskan sebagai Pertanggung jawaban pendapatan dan belanja dana BOS harus tertib administrasi sesuai dengan rencana dan realisasi Dana BOS disekolah.

“Jadi dana Bos harus digunakan sesuai RKAS yang sudah dibuat, bila penggunaan diluar RKAS tdk sesuai dengan peruntukannya maka itu melanggar Perbub no 15 tahun 2017,” Tegas Epi Sutiasa

Epi menambahkan, seharusnya pihak sekolah menyusun RKAS sesuai dengan kebutuhan sekolah dan peraturan tentang penggunaan dana Bos dan kalau tidak ada cantolannya dalam RKAS maka tidak boleh didanai dari Bos harus mencari sumber lain atau biaya mandiri. Tutupnya.***(Hd1).

News Feed