oleh

Dokumen Kependudukan Ikut Terbakar, Tim Pajokka Disdukcapil Jeneponto Jemput Keluarga Korban

JENEPONTO, SEKILASINDO.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto, Melalui Tim Pelayanan Jemput Bola (Pajokka) menjemput keluarga korban kebakaran yang tengah terbaring di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lanto Dg Pasewang, akibat Dokumen Admiduk terbakar api yang terjadi di kampung Bungung Kanunang, Kelurahan Tolo Barat, Kecamatan Kelara.

Tim Pajokka Disducapil Jeneponto menjemput keluarga korban kebakaran, yang dimana demi melakukan pengimputan dokumen/data kependudukan korban yang ikut terbakar saat kejadian kemarin.

“Jadi kita jemput di rumah sakit salah satu keluarganya bernama Hatija (45) yang tergabung dalam satu KK dengan korban. Kita bawa di kantor Capil untuk disidik jari, begitu datanya muncul dokumennya kita langsung cetak,” ucap Kabid Pendaftaran Kependudukan, Hajja Isnawati kepada media, Rabu (11/12/2019).

Lanjut, Haja Isnawati, Menambahkan, ini merupakan pelayanan emergensi. Semua data kependudukannya ikut terbakar api, termasuk KK, KTP dan Akte Kelahiran sehingga kita cetakkan dokumennya. Apalagi dokumen tersebut sangat penting bagi mereka kerena salah satu persyaratan mutlak yang harus dipenuhi oleh masyarakat ketika ada yang dia urus.

“Di kantor inilah (Capil) masyarakat tidak bisa lepas mulai dari sejak ia lahir sampai meninggal, kerena mereka pasti membutuhkan data kependudukan sebagai warga negara Indonesia,” jelas Isna.

Tak hanya itu, kata dia, seperti yang dialami oleh warga Kelurahan Pantai Bahari, Kecamatan Bangkala dengan kejadian yang serupa, KK, KTP dan Akte kelahirannya juga terbakar api.

“Tim kami datangi mereka menjemput bola (berkas), sekaligus kita bawa orangnnya ke kantor Capil untuk disidik jari, setelah datanya muncul kita cetakkan langsung,” tutup Kabid.

Di tempat yang sama, warga sangat berterimakasih kepada pihak Disdukcapil Jeneponto. Seperti sebut warga bernama Hatija, Sadding, Ibu Basse dan Johan. Baginya merasa cukup terbantu karena dimudahkan.

“Ternyata, pengurusan KK, KTP, Akte Kelahiran dan lain-lain, mudah sekali ji, tadi saya tidak terlalu lama menunggu semua yang saya butuhkan langsung jadi,” kata mereka.

Senada yang sama menyampaikan ucapan terimakasihnya yang tak terhingga kepada Disdukcapil Jeneponto, diakunya belum pernah mendapat pelayanan seperti ini sebelumnya. Imbuh warga itu.

Reporter : Firman

News Feed