oleh

Karimin: Ring Road Laworo Adalah Salah Satu Bukti Rajiun Peduli Masyarakat Mubar

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM- Di usianya yang baru memasuki 5 tahun, Kabupaten Muna Barat (Mubar) dibawah kepemimpinan La Ode M. Rajiun Tumada terus berbenah. Salah satu yang menjadi icon Bumi Praja Laworo tersebut yakni jalan lingkar Laworo atau biasa dikenal “Ring Road Laworo”.

Kini jalur Ring Road Laworo mulai dihitamkan kembali. Jalur yang terdiri atas 3 wilayah besar yakni, Lawa Raya, Kusambi Raya dan Tiworo Raya tersebut mulai dihitamkan kembali guna peningkatan ruas jalan Ring Road Laworo.

Sekedar menoleh ke belakang, diketahui sebelum Mubar mekar dan menjadi daerah administrasi sendiri, jalur ini nyaris tak tersentuh oleh pemerintah sebelumnya. Hancurnya badan jalan sampai tumbuhan pun mulai hidup di bahu jalan, serta jembatan yang tak mampu lagi berdiri tegak. Hal tersebut menjadi masalah krusial yang dialami pada saat itu.

Foto : Ring Road Kota Laworo Mulai di Hitamkan. Foto/Istimewa

Akibatnya sarana transportasi masyarakat tentunya sangat terhambat oleh keadaan itu.  Namun apa boleh buat,  mau tidak mau, masyarakat harus legowo dengan keadaan itu, masyarakat dituntut harus mampu menaklukan jalur transportasi yang ekstrim untuk melanjutkan kehidupan. Alternatif lain yakni memilih jalan yang aspalnya mulus namun jarak yang ditempuh akan lebih jauh lagi.

Namun, setelah Mubar terpisah dari Muna dan menjadi DOB pada tahun 2014. Masalah tersebut pelan tapi pasti hanya tinggal menjadi kenangan pahit di masa lalu.

Sosok kepemimpinan La Ode M. Rajiun Tumada lah yang kembali memfungsikan kembali jalur itu sebagai penunjang kehidupan masyarakat Mubar. Figur yang dijuluki “Pelopor Pembangunan Muna Barat” itu sejak ditunjuknya sebagai Pj. Bupati Mubar dirinya sudah membuktikan bahwa ia peduli tehadap masyarakat.

Bagaimana tidak, kurang lebih dua tahun menjadi Pj. Bupati, Rajiun membuka hati masyarakat Mubar, yakni menjadikan jalur Ring Road menjadi layak digunakan oleh segenap masyarakat yang dimana sebelumnya tidak diperhatikan oleh pemerintah.

Kembalinya sarana transportasi tersebut yang dikenal dengan Ring Road Laworo menjadi salah satu faktor kemenangan dan nilai plus Rajiun di mata masyarakat.

Dimana pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mubar pada tahun 2017 yang lalu La Ode M. Rajiun Tumada dan pasangannya Achmad Lamani sukseskan memenangkan pertarungan. Pasangan dengan tagline “Rahmatnya Mubar” ini sukses menjadi Bupati dan Wakil Bupati defenitif Mubar periode 2017-2022.

Saat ini, wajah ring road, wajah kota Laworo perlahan namun pasti semakin terlihat dan sempurna, pasalnya tahun 1 jalur tahun ini akan selesai dihitamkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Mubar, Ir. Karimin. Ia mengatakan bahwa pekerjaan pengaspalan 1 jalur ring road Laworo akan tuntas tahun ini dan 1 jalurnya akan dilanjutkan pengaspalannya pada tahun 2020 mendatang.

“Pengaspalan Ring road ini tentunya menjadi harapan Bupati,  La Ode M. Rajiun Tumada untuk menggenjot pembangunan infrastruktur di Mubar. Hal ini selain  kepentingan untuk menunjang aktivitas masyarakat, juga untuk mewujudkan wajah kota di Mubar”, ungkap Karimin.

Tak jarang, disela-sela jadwalnya yang padat sebagai orang nomor wahid di Mubar, Rajiun melalukan inspeksi langsung dan mengevaluasi kinerja rekanan pekerjaan peningkatan jalan Ring Road Laworo.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa rakyat Mubar mengetahui dan merasakan hadirnya pemerintah dalam menghadapi masalah-masalah yang mereka hadapi.

“Jika semangat ini terus tumbuh dan berkembang pada setiap pemimpin di suatu daerah, maka Indonesia yang maju dan hebat adalah hal yang niscaya”, ujar Rajiun.

Mantan Kasat Pol. PP Sultra ini juga berharap pada jasa kontruksi untuk melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya berpedoman pada ketentuan kontrak.

“Jadilah pahlawan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat Mubar”, kuncinya.

(Setiawan)

News Feed