oleh

Aktivitas Penambang TI Ilegal di Kecamatan Riau Silip Agar Segera di Hentikan

SUNGAI LIAT, SEKILASINDO.COM – Tim Gabungan dari Dit. Polairud Polda Kep. Babel bersama Polres Bangka berikan himbauan terkait maraknya aktivitas penambang Timah Inkonvensional (TI) ilegal yang berlokasi di Sungai Perimping Desa Silip Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka Provinsi Kep. Bangka Belitung. Agar aktivitas tersebut segera dihentikan.

Selasa, (12/11/2019).

Hal tersebut dilakukan atas informasi yang di dapat dari warga setempat, maraknya aktivitas tambang di kawasan ini dilakukan sudah cukup lama sehingga warga sekitar merasa tergganggu. Dampak kerusakan lingkungan pun kian dirasakan, sumber mata pencarian para nelayan atau warga sekitar. Seperti, kerang jenis kepah dan kepiting bakau yang hidup di dalam lumpur di daerah hutan mangrove air payau dan sungai berlumpur semakin sulit didapat.

Hadir dalam penertiban tersebut, AKP. Capt. Yordansah, S.ST., selaku Kanit Intelair Dit Polairud Polda Kep. Bangka Belitung bersama Brigpol Heri Irawan, S H., selaku Komandan Kapal Patroli 2009 Dit Polairud Polda Kep Babel dan Anggota Satpolair Polres Bangka menghimbau kepada sekitar 50 orang penambang dan pemilik TI Apung agar aktivitas mereka segera dihentikan.

“Apabila para penambang dan pemilik TI Apung masih tetap beraktifitas maka akan dilakukan penegakan hukum dan diproses lebih lanjut,” tegas Yordansah.

Dari pantauan wartawan Sekilasindo.com, aktifitas TI Apung yg beroperasi sudah mendekati jembatan Perimping sehingga apabila tidak dilakukan tindakan tegas, maka dikhawatirkan akan menjadi potensi konflik antara masyarakat nelayan dengan para penambang TI Apung serta terancamnya fasilitas umum jembatan Perimping.
**(Budi)

News Feed