oleh

Bupati dan Wabup Mubar Tinjau Kegiatan Seleksi Balon Kades

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM –Sebanyak 116 bakal calon (balon) Kepala Desa dari 15 desa pada 8 Kecamatan di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti tes tertulis dan wawancara di Ruang Belajar SMA Negeri 1 Tikep, Kabupaten Muna Barat, Senin (11/11/2019).

Mereka mengikuti tes tersebut karena jumlah pendaftar balon kades di wilayahnya lebih dari batas maksimal, yakni lima orang. Sesuai regulasi, mereka harus mengikuti seleksi yang digelar oleh pemerintah setempat.

Peserta yang mengikuti seleksi tes itu tersebar di delapan kecamatan wilayah Mubar, yakni Kecamatan Sawerigadi, Kusambi, Napano Kusambi, Lawa, Tiworo Tengah, Tiworo Utara dan Kecamatan Wadaga.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kab. Mubar, Abdul Nasir Kola mengatakan, seharusnya yang mengikuti tahapan seleksi tertulis dan wawancara itu 117 orang, namun satu orang tidak hadir mengikuti tes.

“Semestinya yang akan mengikuti tes seleksi hari ini itu sebanyak 117 orang tetapi 1 orang balon dari desa Sidamangura, kecamatan Kusambi tidak hadir, jadi yang ikut hanya 116 orang,” ujar Abdul Nasir Kola di sela tes tersebut

Nasir Kola menjelaskan, untuk tes tertulis materinya tentang pengetahuan umum, pemerintahan desa, kewarganegaraan, perundang-undangan dan kepemimpinan.

“Kalau untuk wawancara ada 3 kompetensi, yaitu kepribadian, sosial dan kompetensi profesi, dan para balon kades ini akan ditetapkan sebagai calon kepala desa selambat-lambatnya 2×24 jam mulai hari ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Mubar, La Ode M. Rajiun Tumada yang didampingi Wabup, Achmad Lamani turun langsung meninjau jalannya tes di masing-masing ruangan peserta balon Kades.

*(Setiawan)

News Feed