oleh

Penataan Kota di Sungguminasa, 1.154 Pohon Akan Dilakukan Penanaman Perdana

GOWA, SEKILASINDO.COM – Langkah awal mendorong terwujudnya pedestrian di sepanjang Kota Sungguminasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai melakukan penanaman pohon perdana.

Penanaman pohon dimulai di titik Jalan Sultan Hasanuddin atau di batas kota Makassar-Gowa dengan jenis pohon Flamboyan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa H. Abd.Rauf Malaganni, Sekretaris Kabupaten Gowa H. Muchlis, Ketua DPRD Gowa Rapiuddin Rapi, Kapolres Gowa Shinto Silitonga dan Kasdim 1409 Hasanuddin Husain. hadir melakukan penanaman pohon tersebut di masing-masing titik.

Ada 1.154 pohon dengan beberapa jenis sesuai dengan titik jalan yang akan ditanam. Pada ruas Jalan Hasanuddin sepanjang 2.160 meter akan ditanam 217 pohon Flamboyan dengan jarak dari pohon satu ke pohon lainnya sekitar 8 meter. Kemudian ruas Jalan Tumanurung akan ditanam 3.03 pohon Tabebuya sepanjang 1.560 meter dengan jarak 5 meter.

Sementara di ruas Jalan Masjid Raya akan ditanam 634 pohon Damar sepanjang 3.168 meter dengan jarak 5 meter.

Bupati Adnan mengatakan, penanaman pohon ini adalah bagian dari rangkaian penataan kota khususnya di Kota Sungguminasa. Penataan kota ini sebagai upaya pemerintah dalam mewujudkan kota ini semakin maju dan indah dalam pendataannya.

“Pohon yang kita tanam ini untuk masa depan daerah kita. Masa depan anak, cucu dan kemanakan kita, pohon yang kita tanam ini adalah pohon penganti dari pohon yang telah kita tebang sebelumnya. Bahkan pohon yang kita tanam lebih banyak dari yang telah ditebang,” katanya di sela-sela penanaman pohon perdana, Sabtu pagi(9/11).

Menurutnya, hal ini memang menjadi tanggungjawab bersama untuk menganti pohon-pohon yang telah ditebang. Terutama kepada seluruh SKPD yang telah ikut menyumbangkan 308 pohon dengan beberapa jenis.

“Semoga ini semakin mempercantik pedestrian tata kota kita. Apalagi jenis pohon yang ditanam memang sangat cantik jika berhasil tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Kedepan, agar semakin cantik juga akan ditambah dengan tanama-tanamam pendukung lainnya. Seperti di Jalan Sultan Hasanuddin akan ditanam tanaman lidah mertua, di Jalan Tumanurung dan Masjid Raya akan ditanam tanamam Bougenville.

“Terimakasih atas kerjasamanya terkhusus yang sudah menyumbangkan pohon semoga akan menjadi amal jariyah baginya,” kata Bupati Adnan.

Ia pun menegaskan, kedepan pohon-pohon yang ditanam harus mendapatkan perhatian penuh dari seluruh pihak. Utamanya Dinas Lingkungan Hidup, PDAM, Dinas Pertanian dan Dinas PUPR dalam rangka pemeliharaannya.

“Saya harap dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Salah satunya jika sudah ada tumbuh dan posisinya miring langsung diperbaiki sehingga semua tumbuhnya harus rapi,” tutup Bupati Adnan.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mundoap mengungkapkan, anggaran pengadaan pohon tersebut berasal dari sumbangan dan APBD 2019. Adapun 308 pohon dari sumbangan 78 SKPD dan 800 pohon melalui anggaran daerah.

Penanaman ini sebagai langkah mewujudkan pembangunan pedestrian yang indah, asri dan nyaman serta segar dipandang mata, dan tentunya aman terhadap pejalan kaki yang memakai jalur pedestrian tersebut.

“Jangka waktu penanaman pohon pada pedestrian Kota Sungguminasa ini kami targetkan dapat selesai hingga akhir Desember 2019 mendatang,” katanya.

Dibentuknya pedestrian Kota Sungguminasa sebagai langkah untuk menyediakan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) atau jalur hijau yang memiliki ciri khas daerah serta aksentuasi atau daya tarik guna mendukung efektivitas kenyamanan serta keterpaduan harmonisasi dan penyelenggaraan RTH.

*(Shanty).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed