oleh

Kasek SDN Unggulan Bontomanai: Sehari Belajar di Luar Kelas, Wujudkan Sekolah Ramah Anak

GOWA, SEKILASINDO.COM – Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day, SDN Unggulan Bontomanai melaksanakan sehari belajar di luar kelas, Kamis (7/11/2019) kemarin.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 10.00 Wita.

Kepada media, Kepala Sekolah, Hj Dahlia, menjelaskan, kegiatan ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi anak didiknya.

“Pelaksanaan sehari belajar di luar kelas itu berupaya untuk memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak serta mampu mengembangkan bakat siswa,” ujarnya, Jumat (8/11/2019).

Para guru juga ikut terlibat dalam kegiatan ini dengan memandu para murid.

Terdapat 17 item kegiatan diantaranya, guru menyambut siswa dengan cara 3S (Senyum, Salam dan Sapa).

Selain itu, kegiatan lainnya yaitu, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama, dengan bekal yang telah disiapkan oleh orang tua.

Kemudian, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan barang atau hal-hal yang membahayakan siswa, memeriksa lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan keran air yang terbuka, membaca buku di luar kelas.

“Selain itu ada pula simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak senam Germas permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak dan penutupan,” terang Dahlia, mantan Kepala SDI Pakatto ini.

Setelah selesai anak didik mengikuti kegiatan sehari belajar di luar kelas.

Kegiatan dilanjutkan dengan proses belajar mengajar hingga pukul 12.40 Wita.

Diakui Kasek, kegiatan ini kali pertama dilakukan. Siswapun sangat antusias dan senang sekali bisa belajar di luar kelas.

Kasek berharap kedepannya bisa dilaksanakan lagi secara serentak.

“Karena selain membentuk karakter siswa juga untuk mewujudkan sekolah ramah anak,” pungkasnya.

(Shanty)

Tonton Video:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed