oleh

SMA 1 Pasangkayu Toreh Prestasi Finalis OPSI di Solo

PASANGKAYU, SEKILASINDO.COM – Setelah menunggu beberapa pekan, akhirnya, SMA 1 Pasangkayu berhasil lolos sebagai finalis dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) kategori bidang Ilmu Sosial dan Humaniora) yang diselenggarakan Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia di Solo pada 14 sampai 19 Oktober 2019.

Dari 1.204 proposal hanya 106 yang mampu diterima, sekaligus satu-satunya wakil dari Provinsi Sulawesi Barat.

Kesempatan itu juga untuk kali kedua yang diterimanya sejak 2018 lalu.

Disampaikan, Nurpeda Uleng, hal itu berkat dukungan yang diberikan pembimbingnya, Arnol Bannu, S. Pd., yang juga merupakan salah satu guru Bahasa Indonesia di sekolahnya.

“Awalnya kami tidak berharap banyak di kompetisi ini, karena banyak proposal yang mendaftar dari seluruh wilayah Indonesia. Rasa pesimis itu musnah ketika dinyatakan lolos dan berhak melanjutkan ke tahap penelitian,” ungkapnya.

Dia bersama rekan timnya, Isra Nur Syahjada, Nurpeda, mengakui sebelum ditetapkan lolos ke Solo, tim sekolah lain juga lolos dalam seleksi itu.

Selanjutnya, mereka merancang susunan program penelitian dan terjun ke lapangan, tepatnya di Pasar Tradisional Martajaya, Pasangkayu untuk meneliti tentang Alih Kode dalam Transaksi Jual Beli: Studi Kasus Pedagang Multi Etnis.

“Saat di lapangan, banyak hal yang menjadi kesulitan kami dalam penelitian ini. Salah satunya pada saat menerjemahkan beberapa bahasa daerah yang dituturkan oleh penjual maupun pembeli,” aku dia.

Berkat prestasi yang diraih, Nurpeda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam membantu kelancaran kegiatan tersebut.

Dan dia juga berharap untuk tahun berikutnya para siswa dapat melanjutkan prestasi ini.

“Kami harap, untuk tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya, adik-adik kami bisa melanjutkan prestasi yang gemilang ini. Kita harus bisa mengharumkan nama Sulawesi Barat di kancah nasional, maupun internasional,” terangnya.

Selain itu, dapat menjunjung identitas sekolah agar bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

“Junjunglah almamater SMAN 1 Pasangkayu sebagai Putera/Puteri terbaik yang bisa bermanfaat bagi Bangsa dan Negara dengan terus mengembangkan potensi diri dalam hal penelitian. Karena, ‘Meneliti Itu Seru’,” tukas Nurpeda.

Diketahui, OPSI merupakan ajang di mana para siswa SMA/MA berkompetisi melalui penelitian ilmiah tahunan, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Mengusung pesan “Meneliti Itu Seru”, OPSI ingin terus berupaya mengubah pandangan umum siswa terhadap penelitian yang dianggap sebagai suatu pekerjaan serius, sulit dan cenderung membosankan. Sehingga ingin memberikan siswa pengalamam meneliti dengan cara yang menyenangkan.

(Roy Mustari)

 

News Feed