oleh

Kelurahan Kalabbirang Gelar Pelatihan Kapasitas Karang Taruna “Sikalabbirang”

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Pemerintah Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar gelar pelatihan kepada para pemuda dan pemudi Kelurahan Kalabbirang yang disebut Karang Taruna “Sikalabbirang”. Bertempat di Ruang rapat umum Kantor Kelurahan Kalabbirang. Kamis (10/10/2019).

Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg.Se’re,S.Sos selaku Pembina Karang Taruna Kabupaten Takalar membuka secara resmi Pelatihan tersebut sekaligus membawakan materi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Takalar  sekaligus selaku pembina Karang Taruna Kabupaten Takalar menekankan pentingnya jiwa kewirausahaan dalam diri pemuda.

Ia juga menyebut perlunya pengalaman  keorganisasian pemuda khususnya di  kelurahan Kalabbirang. “ Saya bangga kepada karangtaruna kelurahan Kalabbirang dan karangtaruna yang telah berperan aktif serta memberikan kegiatan positif untuk lingkungan,” katanya.

Lanjut dijelaskan bahwa ada tiga macam bentuk kedisiplinan. Yaitu disiplin pribadi, disiplin lingkungan dan disiplin nasional.

“Disiplin yaitu merupakan pembelajaran atau pelatihan dalam memanejemen diri, disiplin pribadi dari disiplin ini yang paling mempunyai di siplin dalam diri pribadi adalah ajaran islam karena dari ajaran islam ini sangat disiplin di dari segalanya dalam hidup contoh seperti dari awal manusia bangun tidur dan sampe tidur lagi aturan dalam islam itu sangat lengkap. Disiplin lingkungan, dalam disiplin ini terutama dalam lingkungan masyarakat karena pemuda harus bisa berperan aktif di dalam lingkungan dalam sistem berkerja sama seperti gotong royong dan rasa kekeluargaan yang erat itu perlu dibangun,”.

“Disiplin nasional, dalam disiplin ini  wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap  keanekaragaman suku ras dan agama serta bangsa yang luas dari Sabang sampai Merarauke dalam bentuk Bhinneka Tunggal Ika,” Jelasnya.

Di akhir sambutannya, beliau berharap Karang Taruna “Sikalabbirang” ke depan dapat menjadi Karang Taruna Percontohan di Takalar.

Sementara itu, Lurah Kalabbirang Bansuhari Said, S.AP.,M.Si mewakili Camat  Pattallassang melaporkan bahwa karang taruna ini baru dibentuk kembali karena Karang Taruna sebelumnya sudah masuk usia tua.

“Apa yang dilakukan ini adalah bentuk rasa peduli kami terhadap pemuda yang diyakini lebih inovasi dan inovatif yang luar biasa dan kami iginkan ada kader”. Jelasnya lagi

Lanjut dijelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyatukan persepsi serta menambah pengalaman organisasi pemuda karang taruna di Kelurahan Kalabbirang dan diharap Karang Taruna “Sikalabbirang” ini bisa menjadi Karang Taruna terbaik di Takalar.

Usai memberikan sambutan, H. Achmad Dg. Se’re memberikan materi tentang Kebijakan dari pemerintah kabupaten terkait organisasi kepemudaan Karang Taruna di Takalar. Sekaligus mengukuhkan dan melantik Pengurus Karang Taruna “Sikalabbirang” masa bakti 2009-2021.

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta. Dan para peserta mengaku  bisa menambah pengetahuan, wawasan serta bisa termotivasi dari penyampaian Wakil Bupati Takalar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed