oleh

Bupati Takalar: Pemberdayaan di Desa Cocok Jika Dibarengi Kewirausahaan

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi penting bagi berjalannya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang kini mulai dihidupkan kembali disetiap desa.

Pelatihan kewirausahaan ini menyasar pelaku ekonomi khususnya wirausahawan untuk meningkatkan pendapatan setiap warga.

Sebagai kecamatan dengan Bumdes terbaik di Kabupaten Takalar, Pemerintah Kecamatan Galesong Utara membekali pelaku wirausaha melalui Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM Desa se-Kecamatan Galesong Utara, yang berlangsung di La’riz Hotel, Makassar, yang berlangsung selama tiga hari dimulai sejak 13-15 September 2019.

Hal ini direspon baik oleh Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM, karena sejalan dengan tujuan pemerintah kabupaten Takalar untuk menghidupkan Bumdes sebagai ujung tombak perekonomian masyarakat di desa.

“Pemberdayaan di desa memang baru cocok jika dibarengi dengan kewirausahaan,” Kata H. Syamsari yang hadir memberikan materi dalam pelatihan tersebut, Minggu (15/9/2019). Kemarin.

Syamsari melanjutkan, dalam berwirausaha, maka membutuhkan mentalitas seorang entrepreneur, disertai dengan kreasi dan inovasi yang unggul.

“Dalam berwirausaha dimulai dari pasar, kita harus menargetkan jejaring pasar dunia, kemudian produk yang dihasilkan terstandarisasi. Kemudian mentalitas dari seorang wirausaha. Selanjutnya pengetahuan, dengan berbagai kreasi dan inovasi. Yang paling penting disini ialah, mentalitas dari seorang pebisnis, pengetahuan jaringan itu bisa diperoleh dengan IT, namun yang perlu dibangun ini mentalitas,” Papar H. Syamsari.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 peserta, yang merupakan kelompok wirausaha se-kecamatan Galesong Utara. Camat Galesong Utara, Syahriar turut hadir dalam pelatihan tersebut.(*).

News Feed