oleh

DPD BKPRMI Takalar Studi Banding ke Salah Satu Mesjid Terbaik di Jogjakarta

-Daerah-81 views

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid (DPD-BKPRMI) Kabupaten Takalar memboyong pengurus Tingkat Kabupaten dan dan kecamatan berkunjung ke Jogjakarta, Jum’at (06/09/2019).

Kunjungan Rombongan DPD-BKPRMI dalam rangka studi banding ke salah satu mesjid yang terkenal di Jogjakarta peraih penghargaan tingkat nasional mesjid terbaik tahun 2016 dari kementrian agama RI.

Suasan tukar Pikiran antara pengurus DPD BKPRI Takalar dengan pengurus Mesjid setempat tentang prinsip dan manajemen masjid di Jogjakarta. 

Rombongan tiba di Jogjakarta Jum’at, (06/09) Waktu sholat magrib setempat dan diterima langsung oleh pengurus Mesjid.

Salah satu masjid dengan manajemen terbaik se-Indonesia, yakni Mesjid Jogoriyan bersama pengurus BKPRMI melakukan dialog dan curah pendapat secara langsung tentang prinsip dan manajemen masjid yang ideal sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan umat Islam.

Kemudian diperoleh informasi juga bahwa Mesjid Jogoriyan ini berdiri sejak Tahun 1966, dimana mesjid yang dibangun disebuah dusun yang terpencil namun terus berkembang dan ramai di kunjungi oleh jamaah dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Wakil Ketua BKPRMI Takalar Abdullah Hasan menuturkan selama berada di Jogjakarta, banyak hal yang menarik untuk di contoh seperti adanya program pemberdayaan ummat yaitu pemberian sembako gratis yang berbentuk ATM di siapkan di depan mesjid, poliklinik gratis untuk jamaah tetap, usaha penginapan dan room meeting syar’i, cara pemilihan pengurus juga sangat menarik yaitu dengan cara pemilihan langsung secara demokratis Kas Mesjid hampir setiap bulan nihil saldonya, setiap tahun mengelola anggaran kurang lebih 4 Milyar.

“Kami sangat senang dengan kunjungan ini apalagi langsung mendapat penjelasan dari pengurusnya, semoga suatu saat nanti cara-cara seperti ini dapat di terapkan di Takalar,” ungkap Abdullah Hasan.(*).

News Feed