oleh

Adanya Tambahan Jumlah DPS di Desa Polindu, ini Tanggapan Armin

BUTON TENGAH, SEKILASINDO. COM- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Buton tengah, Armin, S.Pd, menanggapi tambahan jumlah DPS di Desa Polindu, Kecamatan Mawasangka sebanyak 95 jiwa jelang pemilihan kepala Desa.

“Soal itu semuanya kita serahkan sepenuhnya kepada pihak capil. Panitia desa tugasnya hanya mendata pemilih yang ada di desa yang di buktikan dengan dokumen kependudukan,” kata Armin saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (04/09/2019)

Menurut dia, dengan adanya tambahan jiwa yang ada di desa Polindu sebanyak 95 jiwa untuk di usulkan masuk DPS dari pemerintah desa ke panitia desa tidak serta merta panitia desa menerima sebelum diadakan verifikasi administrasi dan faktual di lapangan.

“Panitia Desa saat bimtek memang saya tekankan untuk tidak bekerja melebihi tupoksinya. Semua data (DPT) yang masuk dari KPUD untuk di jadikan DPS akan di verifikasi kembali, sebab jangan sampai sudah ada yang berumur 17 tahun saat 10 Oktober nanti atau bahkan bisa berkurang karena ada yang keluar daerah,”ucapnya.

Tambah Armin, semua DPS yang bersumber dari data KPUD tersebut bisa bertambah atau juga bisa berkurang. Namun untuk hal yang ada di Polindu tersebut di serahkan ke dinas catatan sipil, sebab Dinas tersebut yang mengeluarkan dokumen.

Kan ada syarat lain, misalnya lama domisi juga. Jadi bisa di cek lewat dokumen, baik KTP ataupun kartu keluarga dan suket. Sekedar tambahan info sekarang capil sementara tidak melayani pindah masuk ataupun pindah keluar bagi 35 desa yang lakukan pemilihan serentak, tentu untuk mencegah hal tersebut. Kalau sudah seperti itu pasti gampang untuk di kroscek,”terangnya.

(Arwin Al-Butuny)

News Feed