oleh

Cegah Stunting di Desa,Para Peserta Program Inovasi Desa (PID) Adakan Pelatihan

LEBAK, SEKILASINDO.COM – Para Peserta yang ikut tergabung di Program Inovasi Desa (PID) adakan pelatihan untuk membantu program pemerintah yang ada di Desa, Senin (19/8/2019).

Acara berlangsung selama dua hari (19/8–20/8) di Gedung Aula Stipsi–Stkip Setiabudhi dan hadir dari berbagai Narasumber yaitu dari DPMD Lebak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan dan BAPEDA.

Rusito, Kepala Dinas DPMD Lebak menjelaskan PID ini sudah dilaksanakan selama 2 tahun, dari tahun 2018 dan 2019.

Dijelaskan, PID ada tiga bidang, yaitu bidang infrastruktur, pengembangan ekonomi lokal dan wirausaha juga peningkatan Sumber daya manusia(SDM).

Tujuan terselenggaranya kegiatan untuk memaksimalkan penggunaan Dana Desa(DD) agar lebih inovatif dalam arti lebih positif, lebih bermanfaat dan dapat memecahkan masalah yang ada di Desa.

Menurutnya, sesuai Permendes no 16 tahun 2018, di tahun 2019 ini bahwa penggunaan DD sudah beralih dari fisik menjadi ke ekonomi dan di tahun 2020 inovasi ini akan ditambah bagaimana pengembangan peningkatan SDM terutama dalam penanganan stunting.

Sementara Itu Andes Widiansyah koordinator TAPM Lebak mengatakan pelatihan ini bentuk salah satu peningkatan kapasitas yang memegang peranan penting dalam menyiapkan program terutama kader Desa, baik dari pengetahuan, keterampilan maupun sikap terkait pencegahan Stunting di desa.

“Agar mampu menyusun rencana kegiatan konvergensi Stunting, dapat mengurai tugas tugas dalam memfasilitasi rumah desa sehat,” ungkas Andes

Sedangkan, Endin Jaenudin, Ketua pelaksana kegiatan pelatihan PID menerangkan bahwa pelatihan ini dari Lima Kecamatan yakni Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Curugbitung, Maja dan Warunggunung.

Juga diikuti 62 desa yang berjumlah 160 orang peserta yang terdiridari PPID ESDM, KPM, pedamping desa, pendamping lokal desa dan Prades,” terangnya.

Dra

News Feed