oleh

Hari Pramuka ke-58, Bupati Pasangkayu Ikut Sorakan dan Tepuk Tangan Pramuka

PASANGKAYU, SEKILASINDO.COM – Upacara peringatan hari Pramuka ke-58 tahun secara serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seperti halnya di Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di gelar di lapangan Merdeka dengan tema “Peringatan 58 tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Pasangkayu, sekaligus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan turut hadir Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa, Pejabat lingkup Pasangkayu, Kasdim 1427 Pasangkayu Mayor Rosadi, Kasat Sabhara Polres Matra, Camat, perwakilan dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Bupati Pasangkayu, H Agus Ambo Djiwa, dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar rungan akan terus memperkuat dalam menjaga keutuhan NKRI yang di rancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda, sehingga anggota (pramuka-red) dapat diterima di tengah-tengah masyarakat luas.

“Di peringatan pramuka ini juga akan diramaikan dengan kegiatan Bakti Masyarakat yang ber-tag line ‘Pramuka Bersih Negeri’ seperti kegiatan aksi donor darah, mengurangi sampah plastik, bersih pantai, sungai, penghijauan. Dirinya pun menyorakkan tepuk tangan Pramuka menandakan sebagai simbol (pramuka-red) Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya,” ungkapnya.

Lanjutnya, Bupati sampaikan, di tujuan dari Pramuka ini sangatlah mulia, agar dapat mendidik generasi muda jaman sekarang menuju ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan sesuai norma-norma masyarakat.

“Anggota pramuka memiliki moral, mental, budi pekerti agar dapat melahirkan jiwa Pancasila dan setia serta patuh terhadap NKRI, sehingga generasi penerus berguna, bermanfaat bagi pembangunan Bangsa ini,” ujar Agus.

Agus juga berpesan, segenap anggota pramuka di daerah Pasangkayu teruslah berkreasi, berkarya, dalam Gerakan Pramuka, maka isilah waktu muda kalian dengan kegiatan positif dan produktif.

Dia yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, hebat, kreatif, petarung dan bukan generasi pecundang.

“Ingatlah selalu Hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan Agar Jaya Indonesiaku, maka jadilah patriot bangsa yang kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan NKRI. Pancasila adalah dasar kita bernegara, Pancasila pemersatu bangsa, Pancasila adalah rumah kita bersama,” tutupnya.

Penulis: Roy Mustari

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed