oleh

Bupati Lebak : OPD Jangan Takut di Demo

LEBAK, SEKILASINDO. COM-Bupati Lebak dalam sambutannya di kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di Aula Villa Kuning Assakinah, Pantai Pasir Putih, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara, Lebak Banten, Selasa (14/08/2019).

Menyebutkan kepada organisasi Perangkat Daerah  (OPD) agar jangan takut di Demo jika memang melaksanakan sesuai peraturan.

“Di Demo DPMD santai aja kalau merasa benar, karena kita juga harus terintegrasi dan selaraskan laporan pembangunan ke pusat,” ujarnya.

Hal ini tentunya memberi suport kepada DPMD yang beberapa waktu lalu di Demo oleh salah satu ormas di Banten, terkait Desa yang merasa dibatasi aturan-aturan yang ditentukan sehingga kewenangan otonomi desa merasa dikebiri. Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh para Kepala OPD, para Camat dari 13 Kecamatan, dan peserta sebanyak 498 dari 166 Desa.

Iti Octavia juga sempat mengatakan bahwa tidak ada dendam politik dalam program dan pembangunan, karena semuanya telah terencana. “Ga ada dendam politik, yang sekarang dilaksanakan ialah perencanaan tahun sebelumnya, namun semua ada prosesnya, jangan improvisasi tapi pada akhirnya terjerat hukum, karena prosedur nya tidak di indahkan,” tegasnya.

Dirinya ingin merubah paradigma pembangunan desa, memutuskan birokrasi yang berbelit-belit, agar desa dapat membangun program kegiatan. Tetapi ada juknis sebagai penyelarasan program pusat dan daerah, pertukaran inovasi disesuaikan dengan karakteristik desa masing-masing, dan Inovasi sebagai jalan keluar desa sebagai pelayanan masyarakat.

Terakhir Iti Octavia juga menyampaikan, bahwa Pemda Lebak sudah kerjasama dengan pihak Perhutani terkait lahan destinasi wisata. “Sesuai RPJMD Lebak, terkait destinasi potensi wisata, saya sudah melakukan MOU dengan pihak perhutani mengenai wilayah-wilayah mana yang destinasi wisata nya menyangkut dengan lahan perhutani, seperti daerah konservasi dan lain-lain, agar dapat digunakan,” jelas Bupati Lebak. (Boecex)

News Feed