oleh

Musim Kemarau Panjang, Petani Mengeluh Lantaran Mengalami gagal Panen

PANDEGLANG, SEKILASINDO.COM –Pesawahan yang berada di Desa Sukalangu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang mengalami gagal panen.

Ini disebabkan karena musim kemarau panjang dan padi warga terkena hama wereng yang tak bisa dikendalikan oleh para petani di lokasi pesawahan yang berada di blok Rancalutung, (20/07/2019)

Tercatat puluhan hektar warga mengalami gagal panen. Sehingga para petani mengeluh karena tidak bisa membayar hutang pupuknya, “jangankan untung modalnya pun tk kembali, kami rugi waktu dan materi pak”, Ucapnya para petani.

“Biasanya dalam satu hektar, hasilnya lima sampai enam ton tapi dimusim ini dalam per hektar hanya dua kintal sampai Lima kintal per hektar bahkan ada yang tidak Panen.”

Begitupula yang disampaikan, Odang salah satu petani, kalau ada hujan mungkin kami bisa turun lagi menggarap lahan, tapi kalau tidak ada hujan kami akan lebih kewalahan karena tidak menggarap lahan dengan cepat, Kata Odang

“Kami berharap kepada Pemerintah agar bisa mengeluarkan Program Koperasi Uang Rakyat (KUR) di Kecamatan Saketi supaya bisa membantu petani di musim lengolahan sawah”, Harap Odang

Selain itu, Odang juga meminta
kepada Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang agar segera mengambil tindakan untuk mengatasi keluh kesah para petani. Ketika kegagalan dalam pasca panen banyak petani mengharapkan adanya Program (Asuransi) dan KUR di bidang Pertanian,” Ucap Odang, ***(Hasan)

News Feed