oleh

Zulkarnain Memperkenalkan Madu Asli Dari Pegunungan Desa Bandar Kumbul

 


LABUHANBATU, SEKILASINDO. COM-
Seperti dikupas dari halaman Wikipedia, Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Untuk kali ini, tim menjumpai seorang petani yang hoby mencari madu. Zulkarnain Pulungan (47) warga Dusun Mailil Jae, Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara.

Zulkarnain memperkenalkan madu asli dari pegunungan di desanya. Madu asli tersebut diperoleh dari sarang lebah di sebuah pohon yang terletak di daerah perbukitan yang memang sulit untuk dijangkau oleh banyak orang.

“Madu ini memang sulit dijangkau oleh orang-orang banyak. Hanya beberapa orang saja di desa saya mengambil madu ini. Termasuk saya, Alhamdulillah bisa mampu mengambil madu ini.”ucapnya.

Tak banyak yang mengetahui, adanya madu tersebut berada di desa Bandar Kumbul. Hanya masyarakat Desa Bandar Kumbul yang mengetahui, namun tidak dapat memanen madu di perbukitan dimana biasa Zulkarnain memanennya.

“Hanya masyarakat di desa saya ini yang mengetahui madu ini. Tapi, belum ada dikatakan yang mampu mengambil/memanen madu ini. Madu ini memang tidak menghasilkan banyak. Hanya bisa beberapa botol saja diperoleh.”ujar Zulkarnain.

Dari penjelasan Zulkarnain, madu yang diperolehnya dari perbukitan di desanya tersebut, bisa dikatakan madu yang amat jarang sekali ditemukan di daerah manapun. Karena, madu tersebut kerap sekali disebut sebagai madu gunung yang cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

“Saya rasa memang jarang madu pegunungan ini ada. Apalagi, manfaat yang sering saya rasakan dari madu ini, cukup banyak juga. Ya, kalau mengkonsumsi madu gunung ini, baik untuk kesehatan tubuh.

Banyak manfaatnya Pak madu ini. Mengenai keasliannya, boleh langsung di uji coba di Laboratorium. Begitu diambil, silahkan bawa ke Laboratorium untuk di uji keasliannya.”terangnya. (Ricky)

News Feed