oleh

Kodim Brebes Wujudkan Asa Rumah Layak Nenek Kalimah

BREBES, SEKILASINDO. COM-Bersama dengan Muspika setempat, jajaran Koramil 0713-08/Bumiayu wujudkan asa Kalimah (65) memiiki rumah layak huni dan nyaman untuk ditempati.

Hal tersebut Disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Faisal Amri dalam rilis tertulisnya di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (20/6/2019).

Dijelaskan Dandim, pasca rumahnya roboh karena termakan usia, Kalimah mendapatkan perhatian semua pihak untuk turut serta membangunkan kembali rumahnya agar layak huni.

” Bersama warga, jajaran Koramil Bumiayu dan Muspika, bergotong royong membangunkan rumah Nenek Kalimah,”Faisal.

“Rumah itu roboh pada hari Selasa (18/6/2019), semua pihak merasa iba, apalagi Nenek Kalimah tinggal seorang diri. Selama ini juga dirinya tergantung kepada anaknya,” imbuh Faisal.

Setelah warga dan perangkat desa maupun Muspika berhasil mengumpulkan dana, lanjut Faisal, mulai hari Kamis (20/6/2019), secara swadaya masyarakat bergotong royong membangunkan rumah Kalimah.

“Terkumpul dana swadaya masyarakat sebesar Rp. 8.850.000,- dan setelah ditambah bantuan dari Muspika dan Puskesmas setempat, diperkirakan mencapai belasan juta rupiah, untuk membangunkan kembali rumah itu,” ujar Faisal.

“Saat ini, personel Koramil Bumiayu yang dipimpin Serma Bambang, bergotong royong bersama warga membangun rumah,” tambahnya.

Terpisah, Serma Bambang menyatakan bahwa dikarenakan masih ada sisa bangunan yang masih berdiri, pekerjaan pembangunan rumah itu dimulai dari proses pembongkaran dinding dan atap yang rapuh.

“Semangat warga disini sangat luar biasa, tidak hanya membantu dana, merek juga terjun langsung membantu pekerjaan secara fisik,”tegasnya.

“Alhamdulillah, pembongkaran sisa bangunan yang lapuk dapat selesai dengan cepat. Itu dikarenakan semua pihak penuh semangat bekerja dengan harapan Nenek (Kalimah) segera dapat menempati rumahnya kembali.,”imbuh Bambang.

Lebih lanjut dijelaskan Bambang, karena akan dibangun total, saat ini masih masih pengerjaan pondasinya.

“Setelah dibongkar, karena telah disepakati diawal akan dibangunkan rumah baru, maka selanjutnya kita buatkan pondasi agar kokoh dan kelak tidak roboh,”terangnya.

“Kita semua yakin, jika semua pihak terlibat guyub, maka pekerjaan dapat segera selesai, dan Nenek pun dapat tinggal dirumah barunya,”tandasnya.

Dikatakan Bambang, sesuai instruksi Dandim, personel Koramil Bumiayu akan membantu pengerjaan pembangunan rumah Kalimah hingga tuntas.

Sementara itu, Kades Jatisawit Sukarto Spd, setelah menyerahkan bantuan kepada Nenek Kalimah bersama dengan Muspika dan Puskesmas Bumiayu, diriny sangat bersyukur dan berterimakasih karena semua pihak, termasuk warganya begitu peduli terhadap musibah yang dialami salah satu warganya.

“Upaya semua pihak yang membantu dana dan tenaga sangat menyentuh kita semua. Semoga, sambil berjalan merampungkan rumah, nanti ada lagi donatur yang tersentuh membantu dana maupun bahan, sehingga nantinya rumah Mbah Kalimah segera selesai dan layak huni,”pungkasnya. (Dispenad)

News Feed