oleh

Usaha Dikelola BUMDes Kelompok Mawar, Kacang Mente Menjadi Oleh – Oleh Khas Selayar

SELAYAR, SEKILASINDO.COM – Berkah dana desa pengolahan Bumdes Sejak April 2019 Kelompok Mawar mulai memproduksi Kacang Mente. Kelompok Mawar ini adalah salah satu kelompok yang tergabung dalam BUMDes Semangat Baru Desa Tamalanrea Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Kelompok Mawar beranggotakan 9 orang yang di Ketuai oleh Hartini.

Kelompok ini setiap harinya memproduksi kacang mente, hasil produk kacang mente ini rata-rata dijual di Selayar sendiri tetapi sudah banyak juga yang pesan dari luar Selayar. Produk kacang mente, selain ada yang masih mentah juga ada yang sudah siap konsumsi dengan berbagai macam rasa, ada rasa keju manis, rasa balado dan balado pedas manis.

Kelompok ini dalam memproduksi kacang mente menggunakan alat pembelah mente hasil dari bantuan pemberdayaan Pemerintah Desa Tamalanrea.

Ada beberapa tahapan dalam proses pengolahan kacang mente. Pengeringan/Penjemuran biji mente Membelah Kulit biji Mete / pengacipan, Pelepasa Kulit Ari Biji Jambu Mete, Penjemuran Dan Pengeringan hasil olahan serta penyortiran kacang.

Afdal Patta Sebagai Pendamping Lokal Desa, tentu saya memiliki tanggung jawab untuk tetap mendampingi Desa dalam mengembangkan usaha BUMDesnya.

“Saya ingin usaha BUMDes ini tetap berjalan melihat setiap tahunnya hasil produksi jambu mente petani di Desa Tamalanrea cukup melimpah. Sehingga bahan baku untuk memproduksi kacang mente sangat tercukupi,” Harap Afdal Patta

Lanjut, Afdal patta juga berharap semoga Pemerintah Kabupaten melihat potensi ini dan menjadikan Desa Tamalanrea menjadi Sentra Pengolahan Kacang Mente di Kepulauan Selayar

“Terlepas dari itu, saya berharap Pemerintah Kabupaten melihat potensi ini dan menjadikan Desa Tamalanrea menjadi Sentra Pengolahan Kacang Mente di Kepulauan Selayar,” Tutup Pendamping Lokal Desa ini.

Jika mau memesan produk kacang mente bisa menghubungi ibu Hartini Tlp/WA 081244955758/085656913699.Afdal Tlp/WA 081241233130 *(Iqbal)

News Feed