oleh

Pasca Pemilu 2019, Mahasiswa Cilegon Bersatu Serukan Persatuan

CILEGON, SEKILASINDO.COM – Lintas organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Cilegon bersatu menggelar doa bersama untuk negeri serta pernyataan sikap dalam mendorong rekonsiliasi nasional pasca pemilu 2019, di kota Cilegon, Kamis (30/5/2019).

Diketahui, Mahasiswa Cilegon Bersatu di hadiri oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Cilegon, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Cilegon, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Cilegon dan Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC).

Ketua HMI Cabang Cilegon Riyan Hidayat menuturkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dari sabang sampai merakue serta menyatu dalam NKRI, hal ini menjadi modal besar untuk menjadi bangsa yang maju.

“Persatuan adalah kekuatan besar kita kedepan. Untuk itu kepada semua pihak untuk kembali merajut persatuan pasca pemilu 2019 ini”, terangnya melalui siaran tertulis yang diterima Sekilasindo.com..

Sementara itu Syaihul Ihsan ketua DPC GMNI Kota Cilegon mengatakan sebagai organisasi yang memiliki grass root pada mahasiswa kita menaruh perhatian terhadap polarisasi antara pihak-pihak yang berkepentingan pada pemilu 2019 tersebut harus di tuntaskan secara aturan yang ada dan harus merajut kembali kebangsaan kita.

“Dalam rangka memajukan bangsa dan tetap menjaga peratuan Indonesia berharap semua elemen bersatu padu pasca pemilu 2019 ini, demi kemajuan dan kejayaan bangsa yang di cita-citakan bersama,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua PC PMII Kota Cilegon Edi Djunaedi mengatakan pihaknya mendorong adanya rekonsiliasi politik pasca pemilu 2019.

“Kita jadikan di momentum hari lahir Pancasila ini sebagai upaya persatuan dan kesatuan bangsa. Saya kira untuk alam Indonesia dan budaya Indonesia rekonsiliasi politik itu menjadi penting,” katanya.

Lebih lanjut Ketua Umum PP IMC Rizki Sandika menambahkan Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kami aktivis yang ada didaerah melihat kondisi bangsa saat ini.

“Para elit jangan diam saja, ambil sikap dan ambil peran, mari bersama sama menjaga keutuhan NKRI dan mempertahankan bhineka tunggal Ika,” tandasnya.

Berikut pernyataan sikap pasca pemilu 2019 Mahasiswa Cilegon Bersatu :

1. Mengapresiasi seluruh elemen bangsa dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2019 yang berlangsung secara baik, aman dan jurdil serta mengapresiasi peningkatan partisipasi pemilih yang merupakan salah satu bentuk keberhasilan demokrasi di Indonesia.

2. Mengajak seluruh lapisan masyarakat terus mengawal proses pemilu serentak tahun 2019 dengan suasana kondusif serta tidak mudah terprovokasi demi keutuhan NKRI.

3. Didalam momen hari lahir Pancasila ini kita menghimbau kepada elit-elit politik nasional maupun daerah maupun tokoh masyarakat untuk memberikan contoh kerukunan dan persatuan bangsa dan mengedepankan nilai-nilai solidaritas  kebangsaan daripada kepentingan individu, kelompok maupun golongan demi terciptanya Indonesia yang bermartabat.

4. Mendesak seluruh lapisan forum komunikasi pimpinan daerah Kota Cilegon untuk menjaga stabilitas dan Kondusifitas daerah pasca pemilu 2019.

5. Meskipun secara umum Pemilu 2019 berjalan dengan baik, namun dalam perkembangannya pemilu 2019 masih banyak kekurangan dan menjadi pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki bersama oleh seluruh elemen bangsa dan kami juga menyampaikan duka mendalam kepada petugas penyelenggara pemilu yang telah gugur dalam menjalankan tugasnya demi terselenggaranya Pemilu yang berjalan dengan baik, aman dan jurdil. (SA)

News Feed