oleh

Bulan Ramadhan Harga Barito di Pasar Basanohi Sula Semakin Melonjak Tuai Keluh Petani Kopra

SULA, SEKILASINDO.COM – Harga komoditas seperti bawang, rica atau cabai dan tomat (Barito) di Pasar Banohi, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pada bulan ramadhan ini mengalami lonjakan harga.

Melonjaknya harga barito ini diketahui berdasarkan hasil investigasi langsung Sekilas Indonesia kepada para pedagang siang tadi, Kamis (24/05/2919).

ia menjelaskan, sebelumnya harga 1 kg tomat Rp 10.000, menjadi Rp.20.000 per kg. Begitu juga dengan cabai (Rica) 1 kg Rp.20.000, meningkat menjadi Rp.40.000 per kg, sedangkan bawang putih dan bawang pada harga sebelumnya Rp 70.000 per kg dan rica kriting Rp.70.000 per kg.

“Lonjakan harga barito ini pak, sehari dua kali bisa alami lonjakan harga,” ucap salah satu pedagang yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kata para pedagang, lonjakan harga ini diakibatkan pasokan yang masuk ke Kabupaten Sula dari Manado memang sudah naik sebelumnya.

“Makanya pasokan yang masuk di Sula juga kita sesuaikan,” tambahnya.

Salah satu pengunjung pasar yang juga berprofesi sebagai petani, Fadli, mengatakan, melihat kondisi ini tidak sesuai dengan pendapatan petani.

“Kenaikan harga saat ini itu dikarenakan anjloknya harga kopra,” keluh Fadli.

Hingga berita ini diturunkan belum ada dinas terkait yang dapat memberikan klarifikasi.

Penulis: Jamil Gaus

 

News Feed