oleh

Tips Hidup Sehat saat Berpuasa

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM-Saat berpuasa di bulan Ramadan, ada beberapa keluhan kesehatan yang kerap menghampiri, seperti sembelit dan dehidrasi. Keluhan tersebut biasanya muncul karena kurang asupan serat, air, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng.

Agar puasa Anda tahun ini lancar dan tubuh tetap sehat, tak ada salahnya kita coba menerapkan saran dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat (Mubar), NS. Hidayat, S. Kep., M. Kes. Jumat (17/05/2019).

Menurut Hidayat, tips hidup sehat saat berpuasa yang pertama yaitu, pola makan sahur dan berbuka yang teratur, yakni menu makanan/minuman pada saat sahur dan berbuka itu sesuai yang dibutuhkan.

“Jika makanan saat berpuasa itu berlebihan, maka segala macam penyakit akan mengancam kesehatan. Misalnya, jika asupan karbohidrat berlebihan, maka kita akan beresiko kena penyakit gula. Kemudian asupan cairan juga harus diperhatikan. Jangan berlebihan konsumsi yang manis-manis, tetapi perbanyak minum air putih, kurang lebih 8 gelas air mineral setelah berbuka sampai saat sahur”. Ungkap Hidayat disela-sela kegiatannya, Jumat (17/05/2019).

Hidayat melanjutkan tips sehat selanjutnya adalah pola istrahat yang cukup, yakni tidur tepat waktu dan kurangi begadang.

“Di hari biasanya untuk hidup sehat kita dianjurkan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam. Namun di bulan Ramadhan ini, karena kita akan bangun untuk sahur, maka usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah sholat taraweh. Sebab, kurang tidur mempengaruhi kinerja otak dan dapat menyebabkan sejumlah penyakit dalam jangka panjang, serta risiko obesitas mengintai”. Tuturnya.

Saat dijumpai media Sekilasindo.com, Hidayat juga menyampaikan selamat berpuasa untuk seluruh warga muslim yang ada di Mubar.

“Saya ucapkan untuk seluruh warga muslim yang ada di Mubar, selamat menyambut bulan suci Ramadhan dan selamat berpuasa dengan pola hidup sehat. Dan semoga seluruh ibadah kita di bulan suci ini diterima oleh Allah SWT”. Tutupnya. (Deddy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed