oleh

Masyarakat Hindu Desa Wulanga Jaya, Mubar Gelar Sembahyang Sarin Tahun

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM-Masyarakat umat Hindu Desa Wulanga Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Kabupaten Muna Barat (Mubar), menggelar sembahyang Sarin Tahun, yakni ibadah bersama dalam rangka menghaturkan hasil dari alam, dalam hal ini hasil bumi yang ditanami. Sarin tahun ini juga merupakan bentuk syukuran umat Hindu kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena dalam setahun ini mereka sudah mendapat hasil yang memuaskan dari alam yang diolah dan ditanami, (11/05/2019).

Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya oleh masyarakat Hindu Desa Wulanga Jaya, bertempat di salah satu Pura besar desa Setempat, yakni Pura Pucak Sari.

Salah satu Tokoh Pemuda Hindu Desa Wulanga Jaya, Ketut Gina Marsabat mengatakan, hal ini dilakukan Karena Umat Hindu sangat Percaya dengan adanya Campur Tangan Tuhan Yang Maha Esa, atas apa yang mereka peroleh saat bertani, dan bercocok tanam.

“Kami percaya hasil bumi yang kami peroleh adalah hasil campur tangan dari Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa terhadap hasil bumi yang kami peroleh saat bercocok tanam, baik di daerah perkebunan maupun di persawahan”. Ungkapnya saat dihubungi via whatsApp. Sabtu (11/05/2019).

Ketut melanjutkan, dalam acara sembahyang bersama ini, masyarakat Hindu Desa Wulanga Jaya, Kec. Tikep, Mubar berbondong-bondong membawa sebagian hasil bumi mereka secara ikhlas ke Pura sebagai bentuk terima kasih kepada Tuhan.

“Banyak jenis hasil bumi yang dibawa oleh masyarakat, diantaranya, gabah, beras, jagung jeruk dan lainnya. Ini semua nantinya akan dikelola/dijual oleh kepengurusan adat umat Hindu Wulanga Jaya, yang dimana hasilnya akan digunakan untuk biaya pemeliharaan Pura Pucak Sari dan kami juga mengharapkan kedepannya hasil bumi meningkat lagi, masyarakat lebih sejahtera, dan lebih makmur lagi”. Jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa Kebetulan hari ini juga bertepatan dengan hari raya Saraswati, yang dimana hari raya ini dirayakan oleh semua umat Hindu Dharma yang ada di indonesia.

“Hari raya Saraswati ini di laksanakan setiap 6 bulan sekali, tepatnya setiap hari Sabtu pada Sanicara Wuku Watugunung. Hari raya Saraswati adalah hari suci sebagai turunnya ilmu pengetahuan” Pungkasnya.

Masyarakat Hindu Desa Wulanga Jaya, Kec. Tikep, Mubar juga tak lupa memberikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim di Mubar.

“Pada saat jeda selesai sembahyang Masyarakat Hindu Wulanga Jaya melalui Ketua adat Kadek Mertadana sempat memberi pengarahan bagaimana kita saling menghargai sesama umat. Terlebih bulan ini saudara Muslim melaksanakan Ibadah puasa. Ketua adat mewakili seluruh umat Hindu mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi saudara Muslim”. Tutup Ketut Gina Marsabat. (Deddy)

News Feed