oleh

Pemkab Lebak Dalami Akuntabilitas Kinerja Pemkab Banyuwangi

Bupati lebak saat berbincang dengan Bupati Banyuwangi

LEBAK, SEKILASINDO.COM – Upaya pemerintah Kabupaten Lebak dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja dilakukan dengan mendalami tata kelola pemerintahan Kabupaten Banyuwangi yang menjadi role model nasional dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) rujukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kabupaten terluas di Jawa Timur termasuk salah satu yang rekomendasi PAN-RB dengan segala inovasi yang dibuatnya seperti E Village Performance Budgeting dan E Kinerjanya, yang mungkin bisa diterapkan di Kabupaten Lebak.

Hal itu disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dihadapan Staf Ahli, Asisten Daerah dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Banyuwangi di Gedung Sekretariat Daerah Banyuwangi, Kamis (28/2/2019).

“Kami ingin melihat sejauh mana perkembangan tata kelola pemerintahan yang dijalankan Banyuwangi dan berharap ada yang bisa diterapkan di Kabupaten Lebak,” ungkap Bupati Lebak.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Mujiono mengatakan, saat ini performance kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Banyuwangi sudah berkembang dengan adanya pendampingan SAKIP dari Kementerian PANRB.

“Kami selalu minta arahan dan dukungan Menpan, dan motivasi agar capaian kinerja kami semakin lebih baik,” harapnya.

Mujiono mengatakan, saat ini banyak kabupaten kota yang mulai menyusul level Banyuwangi dalam akuntabilitas kinerjanya, hal itu tidak bisa dilepaskan dari peran Banyuwangi yang dijadikan benchmark bagi daerah-daerah yang pernah melakukan kunjungan kerja seperti Kabupaten Lebak saat ini.

Dalam mengimplementasikan SAKIP, lanjut Mujiono, perlu membangun komitmen bersama dengan para kepala OPD dan membangun penguatan peran masing-masing mulai dari perencanaan, evaluasi hingga pelaporan.

Pada kesempatan itu, sejumlah dinas terkait langsung melakukan paparan akuntabilitas kinerjanya untuk mempresentasikan keselarasan visi misi dan target capaian kinerja dari perencanaan hingga program tersebut bukan hanya menghasilkan output tetapi juga menghasilkan outcome.

Dalam beberapa tahun ini, Banyuwangi mengkolaborasikan antar OPD dengan menghapus ego sektoral dan fokus kepada target kinerja.

Dra

News Feed