oleh

Begini Cara SMKN 2 Hilangkan Gugup Hadapi Ujian Nasional

CILEGON, SEKILASINDO. COM- Training motivasi ini diadakan diruang kelas sekolah SMKN 2 kota Cilegon Sabtu (26.1. 2019) hadir antara lain kepala sekolah Udin Tusminurdin, Spd , wakil kepala sekolah,  Konsultan pendidikan LP3I Tisna beserta jajarannya dan Motivator Asep Rahmatullah.

Menurut kepala sekolah SMKN 2 kota Cilegon tujuan dari training motivasi ini adalah rangkaian dari kerjasama dengan LP3I kota Cilegon dan beberapa narasumber untuk mengadakan kegiatan yang disebut Training Motivasi atau kata lain seremoni.

Kegiatan ini diadakan khususnya kepada anak-anak , lantaran  anak-anak akan melalui beberapa tahapan ujian, untuk menghadapi tahapan ujian itu diperlukan semangat, motivasi, supaya anak-anak tidak merasa gugup, tidak merasa bimbang lagi dengan berbagai macam ujian yang akan di laksanakan , diantaranya yang utama adalah mengikuti Ujian Nasional.

Biasanya ujian nasional itu sangat menakutkan bagi anak-anak, karna ujian nasional dulu sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar, walaupun sekarang ujian nasional dijadikan standar penilaian bagi lembaga atau sekolah.

Kegiatan ujian nasional khususnya di SMKN 2 kota Cilegon berbasis komputer ( UNBK ) jadi anak-anak diberikan kegiatan training motivasi supaya semangat , dengan semangat akan menimbulkan kecerdasan, keterbukaan pikiran bagaimana menyelesaikan soal-soal bisa terjawab semua dan kalau bisa benar semua.

Bahkan sebelum dilakukan kegiatan narasumber , anak-anak mengadakan kegiatan outbound yaitu untuk membuat anak-anak refresh , kegiatan ini untuk lebih bagaimana bekerjasama dengan teman-teman.

Agenda acara training motivasi yang bekerjasama dengan LP3I kota Cilegon sama-sama mencari pengalaman diantaranya LP3I itu sebelum lulus anak-anak mereka sudah memperoleh pekerjaan, dan ini bagaimana caranya akan kita timba ilmunya agar SMKN 2 kota Cilegon bisa sebelum lulus sudah bisa bekerja di industri, dan harapan itu tidak muluk-muluk karna sekolah kami bekerja sama dengan PT Krakatau Steel dan kedepannya berharap dapat bekerjasama dengan 10 perusahaan industri.

Target dalam acara training motivasi yang bekerjasama dengan LP3I kota Cilegon ini anak-anak terbuka wawasannya, bahwa kita tidak sendirian , ternyata ada lembaga-lembaga yang lain juga mensupport dengan sekolah kita , target utama kita dari sekolah dan LP3I supaya anak-anak menambah ilmunya dan yang tidak melanjutkan mendapatkan pekerjaan, bagi yang melanjutkan mendapatkan kuliah di universitas negeri favorit.

Di tempat yang sama  Konsultan pendidikan LP3I menambahkan, untuk anak-anak kelas XII yang memang lulus dari sekolah ini bisa langsung ke dunia kerja, jadi anak-anak ini kita pahami apa sih sebenarnya yang dibutuhkan di dunia kerja, nah kegiatan disini kita berikan motivasi, jadi mereka tahu apa kekurangan mereka sebelum terjun ke dunia kerja kita kasih tips dan trik bagaimana caranya untuk memotivasi minimal diri kita sendiri supaya bisa bersaing di dunia kerja yang sekarang persaingan sangat luar biasa , jadi ketika kita sudah bisa motivasi diri sendiri , meningkatkan standar kita akan pendidikan, kwalitas kita, penilaian yang kita punya dan diharapkan ketika anak-anak terjun ke dunia kerja.

Menurut Yeni Waka Humas acara ini rutin diadakan setiap tahun yang bertujuan untuk mencapai target soft skill anak, soft skill siswa yang dimana era revolusi industri yang semakin menantang, tapi tidak hanya secara akademis tapi bagaimana soft skill anak yang dibutuhkan industri sekolah SMKN 2 kota Cilegon bisa terpenuhi. Harapan dari kepala sekolah SMKN 2 kota Cilegon Udin Tusminurdin Spd dalam acara ini kedepannya anak-anak kita dengan semangat nya , dengan hasil training motivasi semangat anak-anak lulus seratus persen ujian nasional dengan nilai terbaik ungkap nya. (Ade M/Hadi).

News Feed